MENDIKBUD : NILAI RATA-RATA UN SMA SEDERAJAT MENURUN

image

Jakarta, LINGGA POS – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan capaian nilai Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat tahun ini menurun dibanding tahun lalu. Namun, meski pun capaian nilai UN siswa-siswi menurun, tingkat kejujuran meningkat di sekolah-sekolah. Sejak 2015, pihaknya serius dalam menata integritas sekolah-sekolah di Indonesia. “(Hasil UN) yang sekarang ini adalah cerminan kinerja (siswa-siswi) sesungguhnya,” ungkap Anies di kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Senin (9/5). Lagi pula terjadinya penurunan tersebut, aku dia karena bertahun-tahun pelaksanaan, ada ketidakjujuran yang massif.   
Menurut Anies, cara pihaknya mengukur kejujuran siswa-siswi atau sekolah memang cukup sulit. “Bahkan lebih mudah mengukur kecurangan. Itu misalnya dapat dilihat dari pola kerjasama antar pribadi siswa-siswi yang terstruktur. Skalanya 0 – 100. Kalau ditemukan pola yang sama sebanyak 25 persen dari siswa-siswi, tinggal kurangi 100 persen, jadi angka integritasnya 75 persen,” terangny. Menurut dia lagi, penyebab penurunan capaian nilai UN SMA sederajat itu juga antara lain karena semakin banyak sekolah yang menggunakan UN berbasis komputer (UNBK).
Dengan UNBK ini sangat meminimalisir adanya kecurangan dalam pelaksanaan ujian. Tambah lagi, kisi-kisi tidak lagi dirinci, dengan tujuan agar siswa-siswi belajar sesuai dengan target kompetensi yang diharapkan bukan sekedar menjawab soal UN. Dan, yang terakhir, ada kemungkinan tingkat keseriusan guru dan murid yang menurun karena UN kini tak lagi menjadi penentu kelulusan.

NILAI RATA-RATA UN 2016.
Nilai rata-rata untuk siswa SMA dan MA di sekolah negeri 55,4 atau turun 7,2 persen dari nilai tahun lalu yang sebesar 62,64. Sementara siswa SMA dan MA di sekolah swasta turun 5,31 persen dari tahun lalu  yang sebesar 58,91 menjadi 53,6 tahun ini. Sedangkan nilai rata-rata UN SMK negeri juga mengalami penurunan 5,31 persen dari tahun lalu sebesar 63,24 menjadi 57,93 dan untuk SMK swasta dengan penurunan yang lebih kecil, yakni 3,85 persen dari nilai tahun lalu sebesar 61,33 menjadi 57,48. (do/tc)

Kategori: NASIONAL Tags: , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.