BANDARA RANAI, NATUNA IMPLEMENTASI PROGRAM NAWACITA

Natuna, LINGGA POS – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menekan tentang pentingnya pengembangan bandar udara (bandara) Ranai di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sebagai wujud implementasi dari program Nawacita Presiden Joko Widodo yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka NKRI. Apalagi mengingat wilayah ini terletak berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan.

Seperti diketahui Bandara Ranai, Natuna yang baru saja usai dikembangkan infrastrukturnya memiliki landasan pacu sepanjang 2.550 x 32 meter — yang nantinya akan diperlebar menjadi setidaknya 45 meter — memiliki apron berukuran 120 meter x 60 meter dan taxiway 50 x 23 meter dengan kapasitas terminal penumpang 3.865 m2 dan daya tampung parkir seluas 5.020 m2 sehingga dapat menampung sebanyak 154 unit mobil, 32 unit sepeda motor serta fasilitas penunjang gedung PKP-PK,genset dan rumah pompa.
Bandara ini diharapkan juga nantinya dapat menunjang sektor pariwisata dan mendorong aktivitas pertumbuhan ekonomi masyarakat yang selama ini memang mengalami kendala dalam transportasi khususnya di kawasan Kepri yang memiliki ribuan pulau tersebar di 7 kabupaten dan kota. Rencananya ke depan di pulau ini akan dibangun pangkalan militer sebagai pertahanan terdepan wilayah NKRI. (ph/l6)

Kategori: KEPRI Tags: , , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.