PU LINGGA GESA PEMBANGUNAN IPAL KOMUNAL WADUK DABO LAMA, SINGKEP SIAP AKHIR TAHUN INI


Dabo, LINGGA POS – Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lingga Said Nursyahdu mengatakan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal Waduk Dabo Lama, Kecamatan Singkep di 21 titik instalasi terus digesa dan ditargetkan dapat selesai pada akhir Desember depan. “Pengerjaannya setakat ini sudah mencapai sekitar 70 persen dan kita harapkan paling lambat akhir Desember depan sudah selesai,” aku dia kepada wartawan saat meninjau di lokasi pembangunan, Jumat kemarin.

DARI PROYEK DAK IPD.

Lanjut dia, pembangunan IPAL Komunal ini merupakan proyek Dana Alokasi Khusus (DAK) IPD yang diprioritaskan untuk masyarakat di daerah pemukiman kumuh dengan tujuan agar masyarakat nantinya tidak lagi membuang sampah atau hajat di sungai atau waduk sekitar. Lagi pula, direncanakan pada tahun 2018 nanti di kawasan ini akan di bangun Puskesmas dengan lahan seluas 2 hektare dan dijadikan kawasan hijau dengan berbagai sarana dan prasarana jalan yang tertata dan asri.
“Untuk pembangunan IPAL ini yang dilengkapi dengan septik tank sekaligus sambungan rumah (SR), pipa air limbah serta bak kontrol yang bisa digunakan untuk 5 – 10 KK (kepala keluarga). Pembangunan IPAL di lokasi ini, lanjut dia, sesuai kajian dari pusat yang telah diverifikasi Kementerian terkait dan telah dicek DID-nya dan dinilai cocok dibangun di kawasan ini. “Sesuai kajian daerah setidaknya masih ada 14 desa kategori daerah dengan pemukiman di Lingga. Kita prioritaskan dulu di kawasan ini yang dibangun IPAL-nya,” terang Kabid Kebersihan dan Pertamanan PU Lingga, Mira Susilawati menambahkan. (sr,arn)

Kategori: LINGGA Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.