MENPAN-RB : 2018, CASN KEPRI DIPRIORITASKAN

Tanjungpinang, LINGGA POS – Tahun depan, pemerintah kembali membuka formasi bagi calon aparatur sipil negara (CASN) untuk pemerintah provinsi (Pemprov), pemerintah kabupaten (Pemkab) dan pemerintah kota (Pemkot) di seluruh Indonesia alias sesuai pengajuan dari pemerintah daerah terkait. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur berjanji akan memberikan prioritas CASN yang dibutuhkan oleh Pemprov Kepri. Hal itu disampaikan Asman usai memberikan pemaparan Sosialisasi UU Nomor 23 Tahun 2014, Penerapan PP Nomor 18 Tahun 2016 dan PP Nomor 11 Tahun 2017 di Hotel Aston, Tanjungpinang, Selasa kemarin. “Tapi yang kita butuhkan adalah pekerja (ASN) yang berintegritas, profesional serta sesuai dengan keilmuannya,” kata Asman yang pernah memimpin partai PAN Kepri ini.

Asman, yang sebelumnya juga pernah duduk di kursi DPR RI asal Kepri dan merupakan kelahiran Kijang, Kepri merincikan pada tahun depan ada sekitar 220 ribu ASN yang akan memasuki masa pensiun kerja. Karena itu, pemerintah membutuhkan tenaga pegawai setidaknya separuh dari jumlah ASN yang pensiun atau setidaknya sebanyak 110 ribu ASN baru dari seluruh Indonesia untuk membantu tugas dan fungsi daerah dalam menjalankan pemerintahan. “Data pensiun tenaga ASN ini sudah disampaikan ke Presiden. Paling tidak kalau tidak semuanya diakomodir, setengah dari jumlah pensiun itu, sudah cukup,” imbuhnya.

Namun, Asman mengingatkan ASN yang dibutuhkan pemerinta bukan lagi pegawai yang lulus karena atas dasar kedekatan dengan kepala daerah atau pejabat tertentu (KKN) tetapi adalah ASN yang benar-benar memiliki kemampuan, punya keahlian sesuai bidngnya, profesional. Bukan ASN yang asal-asalan,” tegasnya. Diakuinya, saat ini memang proses seleksi penerimaan CASN sudah cukup ketat. “Mulai dari tinggi badan, pintar serta mampu melewati tahapan demi tahapan proses seleksi yang sudah ditentukan antara lain melalui sistem computer assisted Test (CAT),” tutupnya. (raw,karn)

Kategori: KEPRI Tags: , , , , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.