MAHASISWA LINGGA JUGA AKAN DAPAT BANTUAN BEA SISWA

Daik, LP(12/2) – Tidak saja siswa SD dan SMP yang mendapat bea siswa atau dalam bentuk bantuan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) baik dari pemerintah pusat maupun Pemkab Lingga, tetapi juga dimulai sejak tahun 2010 bagi para mahasiswa Lingga juga akan mendapatkan bantuan dalam bentuk bea siswa terutama bagi mahasiswa yang tidak mampu dengan program Beasiswa Pendidikan Mahasiswa Miskin (Bidik Misi). Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) terus menggenjot akses pendidikan tinggi bagi masyarakat miskin. Bidik Misi, meski belum dapat menyerap seratus persen, pada 2011 ini kuotanya diupayakan naik menjadi 50 ribu mahasiswa. Program bantuan biaya pendidikan yang diberikan sampai mahasiswa lulus ini menelan anggaran Rp 1 triliun.

Pemberian Bidik Misi yang disalurkan ke mahasiswa sejak tahun angkatan 2010-2011 dengan total mahasiswa penerima 20 ribu mahasiswa dari 90-an perguruan tinggi negeri, baik dibawah lembaga Kemendiknas maupun di Kementerian Agama (Kemenag). Masing-masing mahasiswa mendapatkan jatah Rp 12 juta per tahun. Dari anggaran tersebut, sebagian besar dikucurkan untuk biaya pendidikan kuliah.

Mekanisme pengucuran beasiswa ini diserahkan ke masing-masing PTN. Kemendiknas mencatat,ada PTN yang menerima dulu mahasiwa lalu menyeleksi dari seluruh mahasiswa tidak mampu berprestasi untuk mendapatkan Bidik Misi. Ada pula mahasiswa yang sudah menetapkan dari awal penerima Bidik Misi melalui undangan ke SMA-SMA di kawasan PTN. Bidik Misi ini diberikan kepada  mahasiswa miskin berprestasi yang masuk PTN melalui SNMPTIN Jalur Undangan. Tidak ada kesempatan bagi mahasiswa yang masuk PTN melalui SNMPTIN Jalur Tes  Tulis.

Mendiknas M.Nuh menjelaskan, anggaran yang dikucurkan untuk Bidik Misi ini dikemas dalam satu paket. Yaitu untuk empat angkatan. Untuk empat angkatan, Mendiknas menganggarkan Rp 1 triliun.

Jika dibagi rata, tiap angkatan dijatah Rp 250 miliar atau masing-masing angkatan mendapatkan kuota 20 ribu mahasiswa. “Bea siswa langsung menggratiskan SPP plus uang saku,” kata Nuh, saat melakukan sidak di penerima Bidik Misi di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Depok Kamis(3/2). Sidak ini dilakukan untuk memastikan pengucuran Bidik Misi tepat sasaran. Rata-rata penerima Bidik Misi selain gratis SPP juga mendapatkan uang saku Rp 500 ribu perbulan. Tahun ini, uang saku yang diterima bakal dinaikkan menjadi Rp 600 ribu perbulan. Evaluasi tahun ini, Bidik Misi hampir terserap seluruhnya. Jumlah mahasiswa dari Lingga yang berada di luar daerah baik di PTN maupun PTS seperti di Tanjungpinang, Batam, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Yogya cukup banyak dan memerlukan perhatian yang lebih baik dari Pemkab Lingga maupun masyarakat sendiri agar ke depannya memberikan konstribusi bagi Lingga.(ph)

Kategori: LINGGA Tags: , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: info beasiswa kabupaten lingga

36 Responses to "MAHASISWA LINGGA JUGA AKAN DAPAT BANTUAN BEA SISWA"

  1. kahirul anwar berkata:

    wawasan pengetahuan anda tentang mahasiswa kab lingga masih sangat sempit, anda harus meninjau lebih jauh lagi kebradaan mahasiswa kab lingga yang berada disebuah kota terbesar setelah jakarta, yaitu SURABAYA dan merupakan kota terkenal dengan sebutan kota SANTRI (JOMBANG JAWA TIMUR).
    dan mungkin belum cukup wawasan anda tentang kota ini,,,saya beri gambaran lagi, kota ini adalah tempat kelahiran KH ABDUR RAHMAN WAHID presiden RI ke-4 yang merupakan cucu dari KH HASYIM ASY’ARY pendiri NU dan pendiri PONDOK PESANTREN tertua di INDONESIA yaitu PONDOK PESANTREN TEBUIRENG…..
    kami sebgai IKATAN MAHASISWA KAB LINGGA merasa kecewa dengan sikap KAB LINGGA yang pilih kasih dan meanak tirikan kami yang tidak pernah mencium bau BEASISWA sepeserpun, padahal proposal pengajuan beasiswa berkali-kali kami ajukan…..
    apa belum cukup bukti yang kami sajikan kalau pelajar kab lingga yang bersala dari alumni pesanteren jombang sudah mengabdi dan sudah cukup terkenal di kab lingga,,seperti (ZAMRONI SAg,DOL HAJI SAg, MUHAMAD JAIZ SH, SUTARMIZI SAg, SYAMSURI SAg, MUSLIM SAg, dan satu lagi yang dulunya mengabdi di KAB LINGGA Drs JARKASIH )

  2. syahrial mastur berkata:

    memang kadang apa yang menjadi keninginan kita belum bisa terlaksana membuat hati ini berang, tapi berjiwa besar menerima kenyataan itu lebih baik disisi Allah, segala usaha sudah kita lakukan, kalau belum terwujud jangan risau Allah tidak tidur, maka dari itu mintalah kepada Allah biar apa yang menjadi keniginan dan harapanmu bisa tercapai!

  3. Kasturiyani berkata:

    Assalamu’alaikum..
    pak kmi mahasiswa yg di Batam tahun 2012 ini akan menyelesaikan kuliah di UNRIKA ( Universitas Riau Kepulauan ), dri awal ini kami mhon dipermudah untuk mendaptkan bantuan bea siswa untuk menyelesaikan tugas akhir kami. terima kasih sebelumnya.

  4. Azmi Vitjay berkata:

    hal ini merupakan suatu anugrah yang baik dilakukan pemerintah kabupaten lingga agar mahasiswa mudah melaksamakan kegiatan kuliahnya dengan adanya bantuan dana tersebut

  5. Azam Pancur berkata:

    meski ini kabar gembira bagi para mahasiswa asal lingga, namun sebagian mahasiswa merasa diperlakukan tidak adil, karena yang seharusnya layak mendapatakan bantuan tsb malah tidak memperoleh Rp1,- sama sekali. T.Q

  6. ada yg tau persyaratan untuk beasiswanya … ?
    mohon informasinya .. ?

  7. Firman Nyanyah berkata:

    inie kabar gembire tapi ade cerite yang tak patot didenga… inie die
    saye tahun 2010 telah mengajukan proposal beasiswa ke kab lingga, stelah lima bulan orng tue saye di panggel untk menerimekan beasiswa tersebot..,, tetapi setelah berkumpul DI GEDUNG NASIONAL DABO SINGKEP,, tibe2 name saye tak kelua,.. padahal sebelom nye orang tue saye sudah di undang untk mengambil beasiswa tersebot,, tapi ape boleh buat kate yang tukang bagi saye tak dapat,,. padahal jelas2 orng tue saye lah diunddang untk ngambek beasiswa itu,.. jadi kmane beasiswa saye di larikan tolng yang bise jawab tolong di jawab kan..

    ( inie cerite saye ape cerite kawan2 yang laen??? mudah2an baek2 saje)

    • Aldi Wisra berkata:

      Saran saye, awak bawak surat undangan itu ke orang di bagian penerimaan itu, bagaimane pun kalau sudah diundang sudah lulus..

    • Firman Nyanyah berkata:

      Aldi Wisra itu lah wai kawan pon heran alasan die gara2 mak saye guru,…

    • Cha Cha berkata:

      Firman Nyanyah
      masalah sekrang ne msa' gara2 mak yg guru jd ank.e tk blh dpt , kan bkn bpk yg jdi guru ,,,
      sekrg ne klau tk de sodre yg du2k dsitu, ntah la ap nak jd…
      sdgkn kalau ad sdre yg du2k dstu, tk pduli nak ma2k.e atw bpk.e yg jd guru malhn bise dpt beasiswa…
      tu la name.e bru mantap…..

  8. Kawan sye ade buat proposal, tapi lom keluar pon beasiswa tu. Mcm mane prosedur yang betol? kalau bidik misi tu kan program dari pusat. kalau dari lingga sendiri buktinye mane? mungkin cume dinikmati sebagian orang. sudahkan yakin yang dapat tu bebas dari NEPOTISME?

  9. Olis Lingga berkata:

    bapak bupati yang terhormat,,,
    saye dari kemarin ngntar proposal tapi belum jg keluar, apa proposal itu hanya untuk kelompok tertentu saja?
    sya juga melihat bahwa dalam penerimaan ini sangat dipersulit sekali,,, pdahl itu bukan uang pribadi bapak,, itukan uang APBD, uang kita semua,, saya lihat dikabupaten lain dalam hal penerimaan bantuan ini sangat mudah sekali,,, np yg lingga sangat sulit,,, kalau masalah IP alhamdulillah di semester 2 ini saya dapat 3,75. apa ip nya hrus 4,00 bru dapat bantuan.
    bpk sbgai pemimpin, bpk harus jeli. apalagi masalah pelayanan,,, sya kira bpk udh tau dong fungsi pemerintahan itu apa,,, apa harus kami sebagai mahasiswa yang harus mengingatkan bapak???? dengan cara DEMO. atau kami harus mengeritik bpk di media2. tolong pak jgn dipersulit. ITU BUKAN UANG BAPAK TAPI ITU APBD,,, ADA UU NYA LOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO.

    • santai bro,kte tw smue org pasti perlu bantuan tu.tp ad prosedur die.klw mang dh rezeki kte pasti kte dapat BS tu.yg penteng saba jek,jgn lpe berdo'a jek bro.

    • bapak2 yang terhormat……
      saye dah sampai wisudapun belum dapat2 beasiswa,,,,,dari dulu ampe skrang ngajukan proposal,,macam2 syarat udah saye penuhi tp sekalipun tak ade panggilan bwt saye,,,,padahal lw dilahat dari info kab lingga dana untuk beasiswa sampai 1 terliun,,,
      tp kenapa hanya sebagaian aja yg dapat,,,,ini namnya gak adil….saye harap dengan adanya coment2 dari setiap mahasiswa kususnya yang kulyah di luar daerah kab lingga /di luar kepri harus di perhatikan lebih juga,,,,bapak saye hanya seorang nelayan klw di pike2 tak kuat untuk membiayai saye kulyah,,,tp demi anak orangtue berkorban ape aje……
      mohon perhatian dari pemerintah kab lingga…..

    • bapak2 yang terhormat……
      saye dah sampai wisudapun belum dapat2 beasiswa,,,,,dari dulu ampe skrang ngajukan proposal,,macam2 syarat udah saye penuhi tp sekalipun tak ade panggilan bwt saye,,,,padahal lw dilahat dari info kab lingga dana untuk beasiswa sampai 1 terliun,,,
      tp kenapa hanya sebagaian aja yg dapat,,,,ini namnya gak adil….saye harap dengan adanya coment2 dari setiap mahasiswa kususnya yang kulyah di luar daerah kab lingga /di luar kepri harus di perhatikan lebih juga,,,,bapak saye hanya seorang nelayan klw di pike2 tak kuat untuk membiayai saye kulyah,,,tp demi anak orangtue berkorban ape aje……
      mohon perhatian dari pemerintah kab lingga…..

  10. mekom pak..
    sebelomnye sye minta maaf dulu, sye cme nak nanye jek BS lingga ble kelua pak.wss

  11. Yuf Endra Imyu berkata:

    APA sebenarnya penyebab keterlamabatan penyaluran DANA BEASISWA, udah tahun 2012 anggaran seharusnya sudah valid, tetapi belum jga ada kabar. dah mau skripsipun belum dapat beasiswa dari PEMDA KITE……!

  12. Sy Rizca Fallo berkata:

    pak ade tak beasiswa untok 2 taon kedepan…
    kalaw ade saye nak daftar gek lah pak….*tapi 2 taon lagi…wkwkwkw
    buat abg-abg yg ngajukan proposal tapi belum di tanggap sabar aje lah ea…
    kite pkai kekuatan sndiri aje lah klw tak bise minta bantuan…kite kan calon tunas bangsa….oke…

  13. Rayen Sarajevo berkata:

    Yang sabar yah,,,,

  14. BeaSiswa tu gunanya tuk siapa pak? tuk YANG KURANG MAMPU TAPI PINTAR atau TUK KELUARGA SANAK PAMILI ?

  15. Andy Joe berkata:

    udh 2 kli pon ngjukan beasiswa tp tak pernah jebol-jebol—
    lme2 kple aq uyg jebol

  16. Alyuan Dasira berkata:

    ini merupakan beasiswa pemerintah pusat dan bukan pemerintah daerah, mungkin kepada teman teman yang skrng duduk di bangku (SMA) yang ingin mendapatkan informasi lebih tentang beasiswa ini bisa lansung buka link di http://bidikmisi.kemdikbud.go.id/portal/, harap dipelajari dulu cara mendaftarkannya dengan pihak sekolah, soalnya beasiswa ini sedikit rumit bagii daerah kite.

  17. Nania Suza berkata:

    dari tahun ke tahun ngajukan beasiswa tak pernah dapat,, persyaratan dah lengkap, Ip tak kurang, samapai dah nak siap kuliah tk pernah dapat.. ,, sebenarnye untuk siape bantuan beasiswa tu?

  18. Robby Hood berkata:

    yang bersangkutan….beasiswa skripsi kpan keluar?

  19. Said Supri berkata:

    Lubjub,,,, aku budak daek tak dapat beasiswa,,,, tak adel,,,, tak maju2 lah,,,, begitu juge dengan pnerimaan CPNS, budak lua lulos,, putra derah hangai,,,,

  20. Azar Boil berkata:

    khusus anak pekajang yang kuliah di pekanbaru ape tak dapat beasiswa dari lingge, kate nye anak pekajang seperti saie ni di pedulikan ? tapi sampai skrg blm dpt beasiswa

  21. Rudi Alfath berkata:

    Sudahlah brow,,,,,,, munkin itu bukan rezeki kite…… kalau memang Allah tuliskan itu utk kite,,,,, Insya Allah dapat….. Tidaklah Allah wafatkan kite,,, kecuali semue rizki yang sudah dituliskan di Lauh Al-Mahfuzh sudah Die berikan….. Allahu Akbar……….

  22. Rudi Alfath berkata:

    Sabar brow….. sesungguhnya rizki Allah ade dimane2,,,, nyatenye tanpa beasiswa dari kab. lingga awak selesai…… jangan pernah mengeluh pada manusia sesungguhnya mereka tidak bisa memberi manfaat dan mudhorot, tetapi mengadulah sama Allah sang pemberi rizki….

  23. Rudi Alfath berkata:

    Sabar brow….. sesungguhnya rizki Allah ade dimane2,,,, nyatenye tanpa beasiswa dari kab. lingga awak selesai…… jangan pernah mengeluh pada manusia sesungguhnya mereka tidak bisa memberi manfaat dan mudhorot, tetapi mengadulah sama Allah sang pemberi rizki….

  24. Rudi Alfath berkata:

    Sesungguhnya tidaklah keluar dari lisan seorang muslim,,,, kecuali perkataan yang baik….

  25. Rudi Alfath berkata:

    Manusia bukanlah makhluk yang sempurna,,,, yang selalu memiliki kekurangan…. begitu juga dengan pemimpin kita…. Tetaplah berusaha,,,, jangan pernah mengeluh…..

  26. Salam teman-teman lingga…
    Salam kenal, saya Alberto Berchmans Perangin-angin alumni SMA Negeri 2 Singkep angkatan 2012. Saya salah satu mahasiswa aktif Institut Pertanian Bogor (IPB), Departemen Teknologi Industri Pertanian, semester 5.
    Kebetulan saya salah satu penerima Beasiswa KEMITRAAN KEPRI (beasiswa penuh) dari Dinas Provinsi kepulauan Riau melalui program Beasiswa Utusan Daerah.
    Menanggapi permintaan teman-teman akan beasiswa oleh Pemerintah Kabupaten Lingga, secara pribadi saya juga mengalami kesulitan untuk mengakses informasi terkait akademik ke Pemkab Lingga apalagi melalui jalur online atau tidak secara langsung.

    Beberapa kali pesan yang saya sampaikan ke email resmi Pemkab Lingga (info@linggakab.go.id) bahkan tidak sedikitpun digubris. Ntah apa yang salah dengan isi pesan saya, tapi tanggapan pun tak kunjung datang.
    Saya juga beberapa kali mengomentari website resmi Pemkab Lingga (http://www.linggakab.go.id/), juga tidak ada perubahan dalam kolom komentarnya. Dan lucunya, selain komentar saya, komentar lain hanya terkait pembuatan website baru tersebut. Saya juga merasa senang karena kini Pemkab Lingga sudah punya website resmi dan dikelola sendiri. Tapi jujur, website tersebut kurang dikelola dengan baik, apalagi terkait akademik dan pendidikan secara umum. Di mesin pencarian saja (ex : Google, Yahoo, dll), informasi terkait Lingga dan Pemkab lingga sangat sedikit, berbeda dengan kabupaten lain diIndonesia terkhusus diKepri, yah walaupun bukan berarti Lingga terburuk. Akan tetapi tetap saja informasinya sangat minim dan tidak berdampak besar pada dunia akademis.

    Saya tidak bermaksud memprovokasi, tapi saya hanya berbicara dari pengalaman saya saja tanpa mengada-ngada apalagi menghiperbolis setiap cerita. Tujauan saya, teman-teman yang memiliki akses cukup baik dengan Pemkab Lingga untuk saling Share (berbagi) dengan kita. Ayolah, apa susahnya berbagi informasi. kita maju, maju bersama. Kita membangun, membangun bersama.

    Saya juga menyarankan teman-teman yang benar-benar membutuhkan beasiswa untuk melanjutkan studinya saya menyarankan link Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau (http://disdik-kepri.com/agenda) liat pengumuman yang ada di website tersebut, cukup banyak beasiswa yang ditawarkan. Selain itu kita juga dapatmengajukan beasiswa langsung ke Disdik Pemprov Kepri, dengan mengajukan proposal. Tata cara pembuatan proposal beasiswa pun dapat dicari dilink tersebut.
    Mungkin hanya ini sedikit informasi dari saya, semoga bermanfaat buat teman-teman se-Tanah air Tanah Melayu Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

    Salam Solidaritas Tanpa Batas,

    Alberto Berchmans Perangin-angin
    Mahasiswa aktif IPB

  27. Pertama…………
    Saya sedikit mengkoreksi http://www.linggapos.com yanga mengatakan Bidik Misi adalah Beasiswa.
    BIDIKMISI adalah bantuan biaya pendidikan yang hanya ditujukan untuk calon mahasiswa tidak mampu (miskin)

    Apakah Bidikmisi Itu ? Kenapa bukan disebut Beasiswa ?
    JAWABAN :
    Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan terhadap yang berprestasi, bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang mana memberikan fasilitas pada yang tidak mampu untuk dapat memutus mata rantai kemiskinan.
    Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi. (sumber : http://bidikmisi.dikti.go.id/petunjuk/3)

    Kedua……………
    Judul tulisan ini MAHASISWA LINGGA JUGA AKAN DAPAT BANTUAN BEA SISWA. Kalo hanya sekedar Bidik Misi saya kira itu bukan Beasiswa, dan apalagi disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Lingga. Sepengetahuan saya Bidik Misi disediakan oleh Mendiknas atau Dikti (lihat secara lengkap web http://bidikmisi.dikti.go.id), dan Bukan oleh Pemkab Lingga. Saya sedikit kecewa mendengar seolah-olah ini merupakan program Pemkab Lingga. Saya tahu ini bagian program yang harus dilaksanakan Pemkab Lingga. Akan tetapi, yang ingin saya tanyakan dari APBD apakah ada "BEASISWA" bagi pelajar atau mahasiswa "BERPRESTASI" maupun "KURANG MAMPU". Kalo ada, programnya seperti apa, mohon dijelaskan secara rinci. Dan mohon juga lampirkan Tata Cara mengurus beasiswa tersebut. Melihat birokrasi di Kabupaten lain di Kepulauan Riau yang jauh lebih muda dan terbuka, saya ingin hal itu juga berlaku di Kabupaten Lingga. Mohon perhatian Pemda/Pemkab lebih peduli dengan dunia akademis.
    Manusia yang bijaksana tercipta dari akhlak dan akal yang pintar dan mulia.

    Terimakasih.

    Salam Mahasiswa.

  28. saya rasa justru pengartian anda akan kata beasiswa tidak tepat. Beasiswa adalah bantuan biaya pendidikan, syaratnya bisa bermacam-macam, bisa berprestasi, kurang mampu atau yang lain. Jadi bantuan pembiayaan untuk siswa kurang mampu yaaaa beasiswa juga namanya.

  29. saya juga awalnya berpikiran demikian. Apasih bedanya BEASISWA dengan bantuan (terkhusus BIDIK MISI)? Perasaan sama aja deh.
    Nah….
    tapi itu langsung saya re-post kok kak dari laman resmi BIDIK MISI (http://bidikmisi.dikti.go.id/), dan apa pebedaan BEASISWA dengan BIDIK MISI pun dijelaskan disana (monggo cek http://bidikmisi.dikti.go.id/petunjuk/3).
    Tapi…
    Makasih kak udah mencoba mengkoreksi saya, tapi mungkin kak manto bisa kaji sendiri kalo tentang BIDIKMISI vs BEASISWA 😉
    Arah fokus bicara saya pada article koran tersebut sebenarnya lebih kepada kurangnya informasi beasiswa kepada masyarakat Lingga. Seolah-olah mengumbar dana yang besar tapi bukti nyatanya kecil. Kalo pun ada beasiswa hanya pada kalangan tertentu saja. Itu penuturan dari pengomentar-pengomentar lain (kakak bisa cek), memang tidak berdasarkan kajian, tapi itulah yang kami rasakan. Begitu kak Rismanto Fernandus Siringo-ringo 😉

  30. Hendra Yusuf berkata:

    (Alhamdulillah) :
    SAYA LOLOS JADI PNS di lingkungan PEMDA
    SUMATERA SELATAN
    Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda,Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Guru Honorer di (SD) Negeri 9 JL.Senopati,No.27, Palembang Indonesia, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga Guru honor belum diangkat jadi PNS, Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian CPNS dan membayar 25 jt, namun hasilnya nihil bahkan saya sempat putus asa, Namun teman saya yang Dinas di luar kota, lansung Chat saya via BBM memberikan Nomor Telepon Bpk Drs.DedeDjunaedhy,M.Si bekerja di BKN pusat Jl.Letjen Sutoyo No.12 Jakarta Timur 13640. Selaku petinggi di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengangkat CPNS menjadi PNS, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Berkas saya melalui Email, alhamdulillah No Nip dan SK saya akhirnya keluar, Jadi apapun keadaan anda sekarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisah nyata dari saya, Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :
    1). ALLAH SWT, karena KepadaNya kita mengemis dan memohon
    2). Terimakasih untuk khususnya Bpk Drs.Dede Djunaedhy,M.Si beliau selaku Kepala Bag. Direktorat pengadaan pengangkatan CPNS menjadi PNS..
    Bpk Drs.Dede Djunaedhy,M.Si ini yang bekerja di BKN pusat dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.Teman teman yg ingin seperti saya silahkan anda hubungi Bpk Drs.Dede Djunaedhy,M.Si Tlp. 081333555057. Siapa tahu beliau mau bantu Anda.

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.