BPN LINGGA TARGETKAN 600 IP4T

Warga Kian Mudah Urus Sertifikat

Dabo, LP(6/4) – Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kabupaten Lingga menargetkan 600 Inventarisasi, Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (IP4T) di Kecamatan Singkep dan Kecamatan Singkep Barat tahun 2011 ini. IP4T dilakukan di tiga desa dan satu kelurahan di dua kecamatan tersebut. Kepala BPN Lingga Irsal Zeda mengatakan, program ini sudah berjakan. Program ini nantinya sangat berguna bagi masyarakat, pasalnya tanah yang sudah di data dan diinventarisir di empat desa dulu. “Kita mulai inventarisir di empat desa dulu. Nanti baru beralih ke desa lain,” kata Irzal.

Wilayah yang akan dipetakan itu adalah Kelurahan Raya sebanyak 150 bidang tanah, Desa Sungai Raya 150 bidang dan Desa Kuala Raya 150 bidang, ketiganya di wilayah Kecamatan Singkep Barat dan terakhir Desa Batu Berdaun Kecamatan Singkep sebanyak 150 bidang tanah. Dikatakannya, tujuan program ini adalah upaya untuk meningkatkan status kepemilikan tanah masyarakat. “Selama ini banyak tanah masyarakat belum bersertifikat. Menuju proses itu, maka perlu dilakukan IP4T ini,” ujarnya. Camat Singkep Barat, Siswadi menyambut baik program yang dilakukan BPN, dengan program ini masyarakat bisa mudah mengurus sertifikat lahan yang dimiliki. Selain sambungnya, juga memudahkan masyarakat mengurus sertifikat atas lahan yang dikuasai. Hal tersebut juga merupakan program BPN agar tidak terjadi tumpang tindih lahan sehingga menimbulkan perselisihan antar warga.

Ditegaskan, program ini hanya untuk pendataan dan pengukuran tanah yang dimiliki masyarakat, bukan membuat sertifikat tanah. “Saya mendengar ada masyarakat yang salah persepsi dengan kegiatan ini, pendataan dan pengukuran tanah ini hanya untuk memudahkan masyarakat untuk mengurus sertifikatnya,” tandasnya. Dia berharap, kesempatan ini dapat dimanfaatkan untuk mendaftarkan tanah yang dimiliki. Setelah itu, petugas juga akan membuat patok batas tanah dari surat yang dimiliki. “Dengan begitu, semua jadi jelas. Masyarakat tentunya sangat dimudahkan dengan program ini,” tukasnya. (mj,bp)

Kategori: LINGGA Tags: , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.