PUSTU PENUBA JADI PUSKESMAS

Penuba, LP(22/4) – Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Penuba,Kecamatan Lingga ditingkatkan statusnya menjadi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). “Alhamdulillah, sudah menjadi Puskesmas. Jadi warga desa kami tidak perlu lagi harus ke Dabo, seperti selama ini kalau ada yang sakit,” ujar Kades Penuba, Dwi Abdi. Kepala Dinas Kesehatan Lingga, dr Ignatius Luti, Camat Singkep Kisan Jaya beserta staf masing-masing juga hadir dalam acara syukuran peningkatan status Pustu menjadi Puskesmas pada Rabu (20/4) kemarin. Dikatakan Luti, yang juga putra kelahiran Penuba, selain telah menjadi Puskesmas, nantinya juga ditambah dengan peningkatan fasilitas, termasuk tenaga medis. “Saya lihat keberadaan Pukesmas sudah layak di sini, kita akan usahakan minimal ada dua dokter bertugas di Penuba,” ujarnya.

Senadg dikatakan Ahmad Baharuddin, Ketua LPM Desa Penuba. “Ya, syukurlah, sudah ada Puskesmas. Tentu masyarakat menyambut dengan gembira. Mudah-mudahan dokter yang bertugas dapat segera ditempatkan. Apalagi desa Penuba adalah merupakan sentranya dari beberapa desa yang berpencar di pulau Selayar ini,” kata Ahmad. Menurut Dwi Abdi pula saat ini desa nya mempunyai penduduk sekitar tiga ribu jiwa dengan mata pencaharian sebagai nelayan dan petani karet.

Sementara itu, Gubernur Kepri HM Sani sesuai program kerja yang telah dicanangkan, pada Mei 2011 nanti pihaknya akan menempatkan satu dokter keluarga di setiap desa. Hal itu dikatakan Sani di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Kamis (21/4) saat menerima 100 dokter kontrak/bantu.

“Hadirnya para dokter ini di desa akan mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan. Mereka akan mengunjungi rumah warga satu persatu,” kata Sani. Ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Cecep Yudiana keseratus orang dokter muda tersebut dalam sebulannya menargetkan akan mendatangi seratus rumah di desa yang ditugaskan sekaligus memberikan penyuluhan kepada warga. Mereka dikontrak satu tahun mulai bulan Mei ini dengan masa tugas satu tahun dan dapat di perpanjang kembali sesuai kesepakatan bersama,”pungkasnya. (ab,ph)

Kategori: LINGGA Tags: , , , , ,
Topik populer pada artikel ini: kades penuba lingga

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.