MENKEU : BANSOS DIPERPANJANG HINGGA DESEMBER 2020


Jakarta, LINGGA POS – NILAI MANFAAT TURUN JADI RP300 RIBU. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bantuan sosial (bansos) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat selama pandemi Covid-19 hingga akhir tahun 2020. Namun, meski diperpanjang, Menkeu menyampaikan nilai manfaat yang diterima masyarakat mengalami penurunan mulai Juli ini. “Mulai Juki hingga Desember 2020 nilai manfaatnya akab turun dari Rp600 ribu menjadi Rp300 ribu per bulan,” kata Menkeu. Nantinya dana bansos itu akan ditransfer ke nama dan akin penerima sesuai data di Kementerian Sosial (Kemensos) atau kerja sama dengan pemerintah daerah.
Sslanjutnya untuk BLT Dana Desa yang diperpanjang hingga September antara Juli – September manfaatnya diturunkan dari Rp600 ribu menjadi Rp300 ribu per bulan. Sehingga total BLT Dana Desa mencapai Rp31,8 triliun. Berdasarka data yang diperoleh dari data terpadu, penerima bansos tersebut adalah mayoritas para petani, peternak dan pekebun sebanyak 18,4 juta, kemudian pedagang dan pekerja sektor swasta 4,2 juta, pekerja bangunan 3,4 juta, sopir dan pekerja komunikasi 1,3 juta, nelayan hampir 900 ribu dan sektor lainnya.
Jumlah itu lanjut Menkeu sudah mencakup 40 persen dari masyarakat dan itu adalah dukungan yang diberikan pemerintah untuk menahan daya beli agar tidak menurun akibat pandemi Covid-19 dan merosotnya kegiatan ekonomi, terutama di level masyarakat. (ph/ac)

Kategori: LINGGA
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2019. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.