MTQ IX TAHUN 2022 DIGELAR DI SINGKEP PESISIR


Daik, LINGGA POS – Kecamatan Singkep Pesisir ditetapkan menjadi tuan rumah atau Pelaksana Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) IX tahun 2022 untuk tingkat Kabupaten Lingga yang rencananya akan digelar pada Mei 2022 usai Idul Fitri 1443 H. Ditunjuknya Singkep Pesisir sebagai tuan rumah penyelenggara MTQ IX mengingat ketersediaan lokasinya yang luas dan sudah adanya Astaka sehingga tidak lagi perlu membangunnya untuk seremoni dan kegiatan perhelatan berbagai kegiatan lainnya. “Pertimbangan kita adalah karena lokasinya yang luas dan ketersediaan Astaka. Luasnya lokasi menjadi pertimbangandalam upaya mencegah penyebaran Covid-19,” kata Wakil Bupati Lingga, Neko WP saat memimpin rapat Pelaksanaan MTQ IX tahun 2022 tingkat Kabupaten Lingga, Rabu (12/1-2022). Menurut dia dengan telah tersedianya astaka dari pelaksanaan MTQ sebelumnya di Kabupaten Lingga beberapa waktu lalu, tentunya akan dapat menghemat anggaran dalam pelaksanaannya nanti.
Sementara Kepala Kemenag Lingga M. Nasir menyampaikan dengan telah ditunjuknya Singkep Pesisir sebagai tuan rumah diharapkan setiap daerah dapat segera mengupgrade dan mengundate data peserta dari seluruhnya 13 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga. “Setiap daerah harus mengirimkan peserta terbaiknya. Artinya, kemampuan peserta harus tetap diupgrade. Paling penting, pesertanya adalah anak asli daerah. Tentu setiap daerah sudah punya database peserta,” ujar Nasir.
Dia berharap untuk keikutsertaan kafilah Lingga di ajang MTQ tingkat Provinsi nantinya untuk pelaksanaan TC dapat dilaksanakan lebih awal dan untuk itu perlu dukungan dan koordinasi dari semua pihak. Sedangkan untuk cabang lomba diharapkan semua cabang lomba dapat disertakan. “Tugas berat dari LPTQ adalah pengembangan melaluinpemberdayaan Qori dan Qoriah. Dengan demikian keberadaan Qori dan Qoriah bisa dipercayakan ditengah masyarakat,” tambah Nasir.
Sebagai catatan pada pelaksanaan MTQ VIII tingkat Kabupaten yang digelar di Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga keluar sebagai juara umum Kecamatan Singkep Barat. Sementara juara 2 dan 3 adalah Kecamatan Singkep Selatan dan Kecamatan Singkep. (syk/f:istmw)

Kategori: LINGGA
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2019. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.