Lintas INFO: S.O.S

Tanda bahaya internasional ini sama sekali bukan singkatan dari kata Save Our Ship ataupun Save Our Souls.

Lingga Pos – S.O.S – Tanda bahaya internasional ini sama sekali bukan singkatan dari kata Save Our Ship ataupun Save Our Souls. Ketiga huruf itu tidak ada hubungannya dengan kata apapun. SOS pertama kali dianjurkan untuk digunakan pada suatu konferensi radio telegraf tahun 1906 dan secara resmi baru digunakan pada tahun 1908.

Istilah ini terpilih karena mudah di dengar dan mudah dikirimkan (tiga titik, tiga garis, tiga titik) dan tentu saja mudah dikenali.

SOS juga bukan sinyal kode morse karena kode huruf O dengan morse bukan tiga garis tetapi dua titik,tetapi juga bukan sebagai singkatan,melainkan sebagai sinyal tanda bahaya internasional dengan memakai suara (ucap, Red) “mayday” yang diperkirakan berasal dari bunyi bahasa Perancis m’aidez yang berarti “tolonglah saya”.(jk, The Dictionary of MissInformation).

Kategori: IPTEK
Topik populer pada artikel ini:

One Response to "Lintas INFO: S.O.S"

  1. susilo utomo berkata:

    sos telah dikenal oleh awak kapal sebagai istilah terdapat bahaya pada kapal tersebut. bentuknya bisa suara ‘mayday maupun asap” yang semuanya itu telah tersedia di kapal sebagai standarisasi keselamatan. bagi yang menyatakan sos bukanlah tanda bahaya, menurut saya tidak mengurangi makna sebenarnya bagi insan kapal, karena konteknya berbeda. bisa jadi secara kebetulan untuk singkatan yang sama tetapi maknanya lain. berjayalah di lautan.

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.