DANA BERGULIR UNTUK UKM DAN KOPERASI


Sebanyak 340 pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta Koperasi se Kabupaten Lingga mendapat bantuan dana bergulir dari Pemkab Lingga di ujung tahun 2010 ini.

Dabo, Lingga Pos (25/11) – Penyerahan bantuan secara simbolis tersebut berlangsung di Gedung Nasional, Dabo Singkep, Rabu(24/11) yang diserahkan langsung Bupati Lingga, Daria. Dana keseluruhannya sebesar Rp 2,675 atau sama dengan tahun 2009 diberikan kepada 340 UKM dengan besaran dari Rp 6 juta-Rp 15 juta. Yakni untuk Kecamatan Singkep 120 UKM,Singkep Barat 75 UKM, Senayang 58 UKM, Lingga Utara 47 UKM dan Lingga 40 UKM

Dengan persyaratan yang cukup ringan dan jangka waktu pinjaman 36 bulan dengan toleransi masa dispensasi sehingga sangat membantu kegiatan para UKM dan koperasi untuk mengembangkan usaha mereka.

Sementara bunga pinjaman sebesar 6 persen per-tahun 3 persen menjadi penerimaan jasa kepada pihak kedua, 15 persen disetorkan ke kas daerah dan 15 persen sebagai simpanan wajib bagi penerima dana bergulir dalam bentuk tabungan yang bisa diambil kembali jika sudah melunasi pinjaman seluruhnya.

Dalam kata sambutannya Bupati minta kepada penerima bantuan dapat memanfaatkan pinjaman dengan baik dan bertanggungjawab penuh atas pengembalian sesuai persyaratan sehingga ke depan dapat semakin memajukan usaha dan menerima pinjaman yang lebih besar. “Ini bukan dana bergulir secara cuma-cuma, tapi adalah berupa pinjaman. Kepada Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UKM Lingga agar dapat membantu memberikan pembinaan serta memantau penggunaan dana bergulir ini,” kata Bupati.-(ph).

Kategori: LINGGA Tags: , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.