Tiga Klub Terancam Degradasi ke Divisi Utama

Jakarta (ANTARA News) – Tiga klub peserta Djarum Indonesia Super League (ISL) 2010 terancam sanksi terdegradasi ke kompetisi Divisi Utama karena mengundurkan diri dari kompetisi resmi yang digelar oleh PSSI.

Jakarta (ANTARA News) – Tiga klub peserta Djarum Indonesia Super League (ISL) 2010 terancam sanksi terdegradasi ke kompetisi Divisi Utama karena mengundurkan diri dari kompetisi resmi yang digelar oleh PSSI.

Tiga klub ISL yang resmi mengundurkan diri dan akan bergabung dengan kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI) yang dicetuskan pengusaha Arifin Panigoro itu adalah PSM Makassar, Persema Malang, dan Persibo Bojonegoro.

“Surat pengunduran diri telah kami terima. Secara otomatis klub-klub itu akan terdegradasi,” kata CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono, di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, selain otomatis terdegradasi, apabila kesebelasan tersebut bergabung dengan kompetisi ilegal atau di luar PSSI maka akan mendapatkan sanksi organisasi dari federasi sepak bola Indonesia.

Sanksi, kata dia, juga akan diberikan kepada semua yang terlibat mulai dari tim manajemen, jajaran pelatih maupun pemain yang saat ini memperkuat klub tersebut.

“Sanksi pasti akan diberikan bagi yang melanggar. Semuanya telah diatur,” katannya menambahkan.

Ia menjelaskan apabila klub-klub tersebut benar-benar pindah ke LPI, kemudian pemain, pelatih dan jajaran manajemen tidak ikut bergabung maka seluruh perangkat klub akan menjadi tanggungan PT Liga Indonesia.

Khusus untuk pemain, kata dia, nanti akan disalurkan ke klub-klub peserta kompetisi di bawah naungan PSSI. Adapun mekanismenya dengan jalan bursa transfer pada pertengahan kompetisi mendatang.

“Kebijakan ini nantinya akan kami sampaikan pada Ketua Umum PSSI beserta EXCO PSSI. Dan selanjutnya akan dirapatkan untuk menentukan kelanjutannya,” kata pria asal Ngawi, Jawa Timur itu.

Sementara itu, Sekjen PSSI Nugraha Besoes mengatakan LPI jelas-jelas melanggar kode etik serta melanggar statuta PSSI dan FIFA. Untuk itu, pihaknya akan tegas dalam menyikapi keberadaan LPI.

“Keputusan akhir akan dilakukan pada Kongres PSSI. Jadi semuanya yang terlibat akan diberi sanksi sesuai aturan. Seperti wasit akan dicabut lisensinya,” katanya saat dikonfirmasi.

Menurut dia, jika ada orang-orang bagian dari PSSI yang terlibat pada LPI maka semuanya juga akan mendapatkan sanksi. PSSI hingga saat ini tetap menolak keberadaan LPI sebagai salah satu kompetisi sepak bola di Indonesia. (*)

(T.B016/I015/IR009)

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/1293709530/tiga-klub-terancam-degradasi-ke-divisi-utama

Kategori: OLAHRAGA
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.