PM Jepang Mengundurkan Diri

Naoto-Kan (AFP)

Naoto-Kan (AFP)

Tokyo – Perdana Menteri (PM) Jepang Naoto Kan hari ini mengumumkan pengunduran dirinya sebagai presiden partai berkuasa Partai Demokrat Jepang atau Democratic Party of Japan (DPJ). Dengan pengunduran diri ini berakhir pula jabatan Kan sebagai pemimpin negeri Sakura itu.

“Saya mengundurkan diri sebagai presiden (partai) efektif mulai hari ini,” kata Kan pada pejabat-pejabat senior partainya seperti dikutip media Jiji press dan dilansir AFP, Jumat (26/8/2011).

Dengan pengunduran diri ini berakhir pula jabatan Kan sebagai PM Jepang. Kan merupakan PM Jepang ke-enam dalam lima tahun terakhir.

Beberapa bulan terakhir Kan gencar didesak untuk mundur terlebih setelah krisis nuklir di PLTN Fukushima akibat gempa bumi dan tsunami dahsyat pada 11 Maret lalu. Publik tidak puas dengan cara pemerintah Kan menangani krisis nuklir tersebut.

Pemilihan pemimpin partai DPJ yang baru dijadwalkan digelar pada Senin, 5 September mendatang. Presiden baru partai nantinya akan ditetapkan oleh parlemen sebagai PM Jepang.

Sejumlah kandidat telah disebut-sebut akan bersaing untuk menggantikan Kan termasuk mantan Menteri Luar Negeri Seiji Maehara yang menjadi kandidat favorit. Menteri Keuangan Yoshihiko Noda juga kemungkinan bakal mengumumkan pencalonan dirinya saat memulai kampanye besok, Sabtu 27 Agustus.

Sumber: detikNews.com

Kategori: MANCANEGARA Tags: ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.