DITAKSIR RP1 M LEBIH PEMKAB LINGGA RUGI

Daik, LP(6/12) – Ironis memang, kapal penumpang operasional milik Pemkab Lingga yang dibuat sekitar tahun 2006 lalu justru mengalami musibah hangus terbakar saat sedang bersandar di pelabuhan galangan kapal milik PT Palindo Marine, Jalan Lancangkuning Tanjungpinang, Sabtu (3/12) sekitar pukul 13.00 WIB. Seperti diketahui, PT Palindo adalah yang mengerjakan kapal yang di pesan oleh Pemkab Lingga. Pada lelang terbuka melalui Bagian Umum dan Perlengkapan, Sekretariat Daerah Pemkab Lingga di mana PT Palindo memenangkan proyek kapal ini dengan pagu dana sekitar Rp1,149 miliar yang diambil dari anggaran APBD Lingga tahun 2006. Demikian sumber yang layak dipercaya menyebutkan seperti dirilis Haluan Kepri, Senin (5/12).

Kapal yang dinakhodai Said Jamri dengan kekuatan mesin 800 PK itu merupakan kapal satu-satunya sebagai transportasi Bupati dan staf Pemkab Lingga dan sangat membantu aktifitas menjangkau daerah kecamatan dan desa di Lingga, mengingat kondisi geografis Lingga yang banyak pulau. Kapal ferri yang berbahan fiberglass itu sebelumnya sudah selama sepuluh hari sandar di pelabuhan tempat kejadian perkara (TKP) untuk menunggu giliran masuk dok.

Ketua DPRD Lingga, Kamaruddin Ali diminta tanggapannya atas kejadian itu menyatakan kekesalannya dan menduga kejadian itu terjadi akibat adanya human error atau faktor kesalahan manusia yang tidak profesional dalam pengelolaannya. Pihaknya, akan segera memanggil unsur terkait di Pemkab Lingga untuk klarifikasi kejadian terbakarnya kapal yang dalam kondisi sandar. Ditaksir, akibat kejadian ini Pemkab Lingga mengalami kerugian sebesar Rp1 miliar lebih.

Sementara itu sampai berita ini diturunkan, Kapolresta Tanjungpinang, AKBP Suhendri menegaskan pihaknya belum menetapkan adanya tersangka dalam musibah ini. “Sejauh ini belum ada yang kita tetapkan sebagai tersangka. Dugaan awal kebakaran terjadi disebabkan konsleting dari genset kapal,” tegasnya. Diakui, pihaknya telah melakukan olah TKP dan beberapa orang telah dimintai keterangan untuk penyelidikan lebih lanjut. (rasn,arn,bp)

Kategori: LINGGA Tags: 
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.