RAJA USIA TERTUA DILANTIK DI ASIA TENGGARA

Kuala Lumpur, LP(16/12) – Boleh jadi Sultan Abdul Halim Muadzam Shah adalah raja tertua dalam sejarah kerajaan di Asia Tenggara. Ia dinobatkan menjadi sultan baru Malaysia pada hari Rabu (14/12) kemarin dalam usia 84 tahun. Upacara penobatan dirinya sebagai Sultan Malaysia disambut oleh ratusan pejabat di Istana Federal Malaysia. Di bawah konstitusi negara kerajaan itu, seorang raja memiliki masa kekuasaan selama lima tahun dan merupaka jabatan simbolik karena kepala pemerintahan dipegang oleh Perdana Menteri dan Parlemen Malaysia. Meski demikian, Sultan Malaysia diperbolehkan untuk menunjuk anggota kabinet dan para hakim di Malaysia dan juga memberikan nasihat kepada Perdana Menteri. Dirinya juga menunjuk ulama-ulama senior serta pejabat tinggi militer.

“Raja adalah payung bagi masyarakat, dan rakyat adalah pilar bagi raja, tugas dari raja adalah memastikan tidak adanya kekejaman dan kehancuran terhadap warga negara,” ujar Sultan Abdul Halim, seperti dikutip Associated Press, Selasa (13/12). Dengan regalianya yang berwarna hitam dan kuning, Sultan disumpah dan duapuluhsatu tembakan kehormatan pun terdengar.

Sultan Abdul Halim adalah pehobi golf dan penggemar olahraga. Selain menjadi raja tertua di Malaysia, beliau juga sebelumnya pernah menjabat sebagai Sultan Malaysia pada 1970-1975, ketika ayah Perdana Menteri Najib Abdul Razak masih menjabat. Sultan Abdul Halim juga merupakan penggemar berat Frank Sinatra, Dean Martin, dan Nat King Cole. (net)

Kategori: MANCANEGARA Tags: ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.