WAJIB BELAJAR, Target 100 Persen pada 2012

Jakarta,LP(9/1) – Program wajib belajar 9 tahun belum sesuai harapan karena saat ini rata-rata lama belajar baru 7,9 tahun. Karena itu, pada tahun 2012, wajib belajar 9 tahun ditargetkan bisa mencapai 100 persen. Tahun ini pula, pemerintah mulai merintis wajib belajar 12 tahun. “Akan dilakukan beberapa langkah agar target itu tercapai,” kata Menko Kesra Agung Laksono, Kamis (5/1), di Jakarta. Salah satu langkah yang ditempuh adalah memberikan dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk semua siswa SD-SMP di perkotaan dan pedesaan serta bantuan untuk siswa SMA/SMK.

Selain BOS, tahun ini pemerintah juga mengalokasikan dana untuk bea siswa sebesar Rp5,4 triliun bagi 8,2 juta siswa dan mahasiswa miskin dari total anggaran fungsi pendidikan sebesar Rp290 juta. Sebelumnya, Mendikbud M Nuh menambahkan, program wajib belajar berkolerasi kuat dengan pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Ketua PGRI RI Sulistiyo, mengatakan anggaran fungsi pendidikan 20 persen dari APBN harus ditinjau ulang. Sebab, sebagian besar anggaran bukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, melainkan untuk gaji dan tunjangan guru. (k/luk)

Kategori: NASIONAL Tags: , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2019. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.