TIM RELI KAPAL LAYAR KELILING DUNIA (CRW) SINGGAHI BATAM

Nongsa,LP (30/1 ) – Clipper Round the World (CRW) 11-12 Yacht Race kembali menyambangi Batam, Kamis (26/1 ). Tim CRW ini merupakan reli kapal layar keliling dunia yang akan melalui 16 pelabuhan di 14 negara, termasuk Indonesia. Reli ini merupakan yang keempat kalinya diselenggarakan dan Batam tak pernah absen untuk disinggahi. Iven yang diselenggarakan setiap tahun sekali ini diikuti 10 kapal layar tipe mono hull dengan panjang 68 feet, setiap kapalnya diawaki 15 orang. Kesepuluh kapal itu adalah Edinburgh Inspiring Capital, New York, Singapore, Welcome To Yorkshire, Visit Finland, Qingdao, Gold Coast Australia, Geraldto Western Australia, De Large Landen, dan Derry-Londonderry.

Sedangkan keenambelas pelabuhan yang akan dilewati adalah Southampton (Inggris), Madeira dan Rio De Jainero (Brazil) , Cape Town (Afrika Selatan), Geraldto, New Zealand, Gold Coast (Australia) , Nongsa Point Marina Batam (Indonesia), Marina Keppel Bay (Singapura) , Qingdao (Cina), California, Panama, New York (AS), Nova Scotia (Kanada), Derry Londonderry (Irlandia), dan Belanda.

Pelabuhan Nongsa Point Marina Batam merupakan yang kedelapan disinggahi peserta reli setelah start dari Gold
L Coast (Australia) . “Kapal yang pertama masuk Gold Coast Australia tanggal 23 kemarin,” kata Assistant Marina Manager, Dwi Hartana. Menurut Direktur Nongsa Point Marina & Resort, Dance Wongkaren, CRW 11-12 yacht Race ini menempuh perjalanannya mengarungi samudra sejauh 40 ribu mil yang akan menghabiskan waktu selama 11 bulan. “Ini adalah reli kapal layar paling prestisius di dunia dan kami sangat bangga bisa disinggahi para peserta reli,” kata Dance. Tim reli ini mulai berlayar dan meninggalkan garis start pada Agustus 2011, berangkat dari Southampton, Inggris dan akan finish di kota yang sama. “Reli ini dibagi menjadi delapan etape dari garis start hingga mencapai finish,” kata Race Manager, Justin Taylor dalam sambutannya di acara Welcome Dinner dengan Dinas Pariwisata Kota Batam, Kamis (27/1 ).

Kata dia,dijadwalkan tim mereka akan tiba di Southampton tengah tahun ini. Kadisparbud Kota Batam, Yusfa Hendri menyambut para clipper dalam acara Welcome Dinner dan berharap mereka bisa menikmati kota Batam dan
L berharap CRW kembali lagi ke Batam dengan membawa lebih banyak lagi warga dari negaranya masing-masing . “Acara ini sangat baik dan bermanfaat pada masyarakat dan perekonomian dan juga sebagai sarana mengiklankan Batam kepada dunia,”ujarnya. (ph, bp)

Kategori: KEPRI Tags: ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.