KEMENKEU RENCANA TAMBAH 2000 PNS

Jakarta,LP(18/2) – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana menambah Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru sekitar 2000 orang untuk tahun ini. Penambahan PNS itu untuk mengisi kekosongan posisi, karena sejumlah PNS yang pensiun. Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal Kemenkeu, Kiagus Ahmad Badaruddin di Jakarta, Jumat (17/2). Menurutnya, penambahan PNS tidak akan melebihi jumlah PNS yang pensiun atau 0 persen. “Kami berharap jumlah pegawai Kemenkeu itu mencapai jumlah tepat, tetap berada di zero growth,” ujarnya.

Kemenkeu akan menerima jumlah PNS yang lebih sedikit dibandingkan yang pensiun, terkait dengan ketentuan moratorium penerimaan PNS yang berlaku hingga akhir Desember 2012. PNS yang pensiun mencapai 3000-4000 orang. Sejumlah PNS juga akan beralih menjadi pegawai Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Namun, Menpan dan RB Azwar Abubakar, mengisyaratkan saat ini pihaknya sedang menganalisis kebutuhan PNS diberbagai institusi, baik di kementerian, provinsi maupun kabupaten/kota. “Analisis kebutuhan PNS secara menyeluruh perlu dilakukan, karena untuk jabatan atau tenaga tertentu mengalami kelebihan, sedangkan di bidang lainnya malah mengalami kekurangan,” ujar Azwar disela-sela Rakernas Kepala Bappeda Se-Indonesia di Ambon, Maluku, Kamis (9/2).

Ia menegaskan, selain peta kebutuhan PNS, juga sedang dilakukan penataan terhadap jabatan yang ada di pemerintahan. “Peta kebutuhan PNS dan jabatan ini sangat diperlukan untuk mengetahui potensi yang dibutuhkan dalam kerangka penataan aparatur dan reformasi birokrasi,” katanya. Guna mendukung pendataan tersebut, saat ini Kemenpan sedang memberikan pelatihan kepada 4.200 orang tenaga analisis dan diharapkan pelatihannya selesai pada Maret mendatang. Mereka akan bertugas melakukan analisis kebutuhan PNS dan jabatan di masing-masing provinsi, kabupaten/kota.

Azwar menegaskan, pengangkatan PNS baru 2012 hanya berkisar 60 ribu hingga 70 ribu orang per tahun atau mencapai 50 persen dari total jumlah pegawai yang pensiun sebanyak 125 ribu hingga 130 ribu orang per tahun. (mtvn)

Kategori: NASIONAL Tags: , , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.