3 CANGKIR TEH SEHARI JAUHKAN ANDA DARI SERANGAN JANTUNG dan DIABETES

Dabo,LP(19/2) – Minum tiga cangkir teh hitam dalam sehari dapat melindungi Anda dari serangan jantung dan diabetes tipe 2. Demikian hasil penelitian teranyar yang dipublikasikan di jurnal Nutrition Bulletin. Para ahli mengatakan, manfaat teh sebagian besar didapat dari kandungan flavonoid-bahan antioksidan yang melawan penyakit jantung. Satu cangkir teh memberi asupan 150-200 mg flavonoid dan merupakan sumber terbaik antioksidan dalam diet. Dalam hal pengiriman antioksidan, dua cangkir teh setara dengan lima porsi sayur-sayuran.

Sebuah tinjauan lebii lanjut di jurnak Nutrition Bulletin menemukan bahwa minum tiga cangkir teh hitam sehari melindungi terhadap penyakit jantung dan dua cangkir teh atau lebih sehari dapat melindungi terhadap diabetes tipe 2. Simpulan ini didasarkan pada studi duabelas minggu atas 87 relawan. Hasilnya, minum tiga cangkir teh sehari menghasilkan perbaikan yang menggembirakan dalam berbagai faktor risiko kardiovaskuler.

Secara keseluruhan, flanovoid yang ditemukan dalam teh diduga mengendalikan peradangan, mengurangi pembekuan darah yang berlebihan, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan membatasi penyumbatan pada arteri.

Ahli gizi Carrie Ruxton menyatakan kebiasaan warga Inggris minum teh sungguh sangat bagus. “Dengan antioksidan flavonoid, teh hitam punya banyak manfaat untuk kesehatan, terutama bagi jantung. Dari studi tersebut menunjukkan bahwa flavonoid tetap bekerja dengan atau tanpa menambahkan.

Dr Tim Bond, dari Tea Advisory Panel (TAP) menyatakan kondisi kronis seperti penyakit jantung, stroke dan diabetes berhubungan dengan proses peradangan dan adanya radikal bebas pro-oksidan dalam tubuh yang berlebihan. “Efek antioksidan dan antiinflamasi teh hitam sangat bermanfaat dalam kaitan ini,” kata Bond. (dailymail,kc)

Kategori: IPTEK Tags: , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.