SUHU DI KEPRI CAPAI 33 DERAJAT CELSIUS, Tinggi Gelombang di Lingga 1,5 Meter

Tanjungpinang,LP(25/2) – Prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, Bhakti mengatakan, kondisi cuaca di Kepri dalam tiga hari ke depan akan cerah dengan suhu panas sekitar 33 derajat celsius. Suhu normal di Kepri menurut dia antara 22-29 derajat celsius. “Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan akan disertai hujan lebat akibat tingkat pemanasan yang cepat di siang hari,” kata Bhakti, Kamis (23/2).

Dari penjelasan Bhakti, cuaca yang cerah diseputaran Kepri berpengaruh dari tekanan rendah yang masih berada diwilayah perairan barat Pulau Sumatera sekitar 1.006 milibar. Sementara tekanan tinggi berada di wilayah Perairan Asia, atau sekitar 1.022 milibar dan Australia 1.018 milibar.

Tekanan udara di Kepri yang berada pada 1.010 milibar yang berada di tingkat pertengahan, membuat sirkulasi udaraawan lebih banyak berkumpul dan berkonsentrasi di perairan Pulau Sumatera. “Awan yang terdapat di sekitar Kepri sebagian besar juga mengarah ke Pulau Sumatera. Ini menyebabkan tidak terdapat kumpulan awan yang tebal yang bisa menutupi pancaran sinar matahari langsung,” katanya.

Namun akibat pemanasan tinggi juga akan berpengaruh pada pembentukan awan konfektif di siang hari, yang berakibat pada potensi turun hujan secara tiba-tiba, baik di siang maupun malam hari. Sementara untuk arah angin masih bersumber dari Utara dan berada pada tingkat normal dengan kecepatan 15-30 kilometer per jam. “Untuk itu tingkat gelombang juga normal, dengan ketinggian gelombang untuk daerah Natuna dan Anambas maksimal 2 meter. Sementara Bintan, Batam, Tanjungpinang, dan Lingga
maksimal 1,5 meter,” tukasnya. (rasn,bp)

Kategori: KEPRI Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.