SOSIALISASI PROGRAM KB DI EMPAT DESA LINGGA

Dabo,LP(28/2) – Empat desa di Kabupaten Lingga akan menjadi target lanjutan dari sosialisasi program keluarga berencana (KB). Keempat desa itu adala Desa Kote, Lanjut, Batuberlubang dan Posek. Hal ini dilakukan untuk dapat menekan laju pertumbuhan penduduk, utamanya ditujukan kepada warga yang kurang mampu. Program ini direncanakan berlangsung mulai April-Juni 2012. Demikian dikatakan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Lingga, Rusli Ismail.

“Tujuan kita nanti adalah untuk menggerakkan kesadaran masyarakat setempat untuk melakukan KB. Ikut program KB, maka kesejahteraan yang diawali dari kekuatan ekonomi keluarga bisa terwujud,” kata Rusli sedikit berpromosi. Dikatakannya, semua kegiatan yang dilakukan pihaknya dalam penyelenggaran tersebut antara lain mengenai misalnya metode kontrasepsi, mulai dari penggunaan pil KB, kondom, termasuk memberikan pelayanan KB secara gratis serta berbagai kegiatan seperti pembentukan Gerakan Sayang Ibu, Pusat Pelayanan Terpadu, pemberdayaan perempuan dan anak, sosiali reproduksi bagi pasangan usia subur dan remaja usia SMP dan SMA. Termasuk juga dari upaya program meningkatkan gizi keluarga, khususnya gizi ibu hamil, bayi dan balita, meningkatkan kesehatan ibu dan anak dalam upaya menurunkan AKI dan AKB, termasuk juga untuk memberdayakan individu, keluarga dan masyarakat agar dapat mampu berprilaku hidup bersih dan sehat.

Seperti diketahui, pada 2012 pasangan usia subur yang menikah di bawah usia 20 tahun pada 2011 mengalami penurunan sebanyak 1.02 persen dari angka 2.44 persen. Sebelumnya, pada 2010 keseluruhan pasangan usia subur terdapau sebanyak 14.980 pasangan. Saat ini remaja yang ada dì Lingga sebaoyak 17.000 jiwa. (arn, hk)

Kategori: LINGGA Tags: , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.