16 PARPOL di KABUPATEN LINGGA JALANI VERIFIKASI FAKTUAL

Daik, (LINGGA POS) – Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Lingga Agus Syuriawan mengatakan, pihaknya selama tiga hari (6-8 November 2012 akan melakukan kegiatan pemantauan dan pengawalan (patwal) terhadap ke-16 partai politik (parpol) yang telah dinyatakan lolos verifikasi administrasi tahap kedua oleh KPU Pusat. “Persiapannya sudah selesai, hanya pelaksanaannya saja,” aku Agus, Senin (5/11).

Kata Agus, pihaknya akan melakukan patwal tersebut di hari pertama (Selasa, hari ini) kepada partai-partai PAN, GERINDRA, GOLKAR, PKPI, PKB dan Demokrat. Pada Rabu (7/11) kepada partai-partai PKS, PDIP, PPP, PKBIB, PBA dan PPN dan terakhir pada Kamis (8/11) kepada partai-partai PPRN, PDP, HANURA dan NASDEM.

Seperti diketahui sebelum pengumuman resmi dari KPU, jumlah parpol yang terdaftar di KPUD Kabupaten Lingga seluruhnya berjumlah 22 parpol. Dengan demikian, di luar ke-16 parpol yang dinyatakan lolos, partai-partai ini otomatis dianggap gugur.Partai-partai itu antara lain PIB yang telah berhasil mendapatkan 2 kursi pada Pemilu 2004, PMB 1 kursi dan PKNU 1 kursi, termasuk partai lainnya seperti Patriot, Pelopor dan PKPB.

Kepada ke-16 parpol yang lolos verifikasi administrasi tersebut akan menjalani verifikasi faktual, untuk memastikan data yang diterima KPU apakah cocok dengan yang ada di Kabupaten/kota. Hasilnya nanti akan sangat menentukan apakah mereka nanti dapat dipastikan lolos sebagai parpol peserta Pemilu 2014. Pengumuman lolos atau tidaknya ke-16 parpol tersebut akan diumumkan oleh KPU pada Januari 2O13 nanti. (arn)

Kategori: LINGGA Tags: , , , ,
Topik populer pada artikel ini:

Berikan Komentar

Kirim Komentar

Bookmark dan Bagikan

Lingga Pos © 2018. Hak Cipta dilindungi undang-undang. Powered by Web Design Batam.